Pengertian Etika
Bisnis
Etika
bisnis yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan cara melakukan kegiatan
bisnis yang mencakup seluruh aspek yang masih berkaitan dengan personal,
perusahaan ataupun masyarakat. atau bisa juga diartikan pengetahuan tentang
tata cara ideal dalam pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan
norma dan moralitas yang berlaku secara universal, ekonomi maupun sosial.
Dalam
menerapkan etika dalam berbisnis sebaiknya memperhatikan norma dan moralitas
yang berlaku di dalam masyarakat. Disamping itu etika bisnis juga bisa
diterapakan dan dimunculkan dalam perusahaan sendiri karena memiliki
keterkaitan dengan profesional bisnis. Perusahaan menyakini prinsip bisnis yang
baik yaitu memperhatikan etika-etika yang berlaku, seperti mentaati hukum dan
peraturan yang berlaku.
Tujuan Etika Bisnis
Tujuan Etika Bisnis
Tujuan dari etika bisnis bagi pengusaha adalah untuk mendorong
kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha atau pelaku
bisnis untuk menjalankan good
business dan tidak melakukan monkey business atau dirty business. Sehingga tidak berperilaku yang dapat merugikan
banyak pihak yang berkaitan dengan bisnis tersebut.
business dan tidak melakukan monkey business atau dirty business. Sehingga tidak berperilaku yang dapat merugikan
banyak pihak yang berkaitan dengan bisnis tersebut.
Manfaat
Dari Etika Bisnis
- Dapat Meningkatkan Kredibilitas PerusahaanEtika bisnis ini sangat penting bagi perusahaan, terutama perusahaan besar yang memiliki banyak sekali karyawan yang tidak saling mengenal. Setiap karyawan perusahaan akan terikat dengan peraturan standar etis yang sama, maka apabila ada kasus yang timbul maka akan mengambil keputusan yang sama.
- Dapat Menjelaskan Bagaimana Menilai Tanggung Jawab SosialnyaDengan biasa menjelaskan tanggung jawab sosial atau dengan mengunakan pendekatan sosial perusahaan tidak hanya memperoleh keuntungan dari segi ekonomi namun juga dari segi sosial. Apabila perusahaan telah bertanggung jawab dari segi sosial maka usaha akan berjalan dengan baik, sehingga secara tidak langsung perusahaan akan terhindar dari konflik sosial yang merugikan.
- Dapat Meningkatkan Kepercayaan Investor Pada PerusahaanBagi perusahaan yang sudah go publik maka akan memperoleh manfaat berupa meningkatnya kepercayaan investor untuk berinvestasi. Apabila terjadi kenaikan harga saham maka biasanya akan menarik minat investor untuk berinvestasi atau membeli saham perusahaan.
- Dapat Membangun Citra Positif PerusahaanEtika bisnis juga bisa membangun citra yang baik tentang perusahaan di mata mitra bisnis maupun konsumen. Dengan citra yang baik akan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut.
Prinsip-prinsip
Etika Bisnis
- Prinsip OtonomiYaitu kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawab secara moral atas keputusan yang diambil.
- Prinsip KejujuranBisnis tidak akan bertahan lama apabila tidak berlandaskan kejujuran karena kejujuran merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis (misal, kejujuran dalam pelaksanaan kontrak, kejujuran terhadap konsumen, kejujuran dalam hubungan kerja dan lain-lain).
- Prinsip KeadilanDalam berbisnis atau menjalankan usaha dibutuhkan konsistensi pada pemikiran, ucapan maupun perbuatan.Setiap orang dalam berbisnis harus mendapatkan perlakuan yang sesuai dengan haknya masing-masing. Jadi, tidak ada yang boleh dirugikan haknya.
- Prinsip Saling MenguntungkanDimana semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, dan tidak boleh ada yang merasa dirugikan. Demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.
- Prinsip Integritas MoralPrinsip ini merupakan dasar dalam berbisnis dimana para pelaku bisnis dalam menjalankan usaha bisnis mereka harus menjaga nama baik perusahaan agar tetap dipercaya dan merupakan perusahaan terbaik.
Contoh
Kasus Etika Bisnis dan Solusinya
KASUS
I
Perumahan
X adalah perumahan elit yang berada didaerah Bekasi Utara. Perumahan ini
memiliki dataran yang sangat tinggi. Terdapat berbagai fasilitas didalam perumahan
ini, mulai dari pasar, supermarket, bus transjakarta, rumah sakit, dan lain
sebagainya. Karena memiliki fasilitas yang sangat lengkap, maka tidak heran
jika perumahan ini banyak yang ingin memiliki. Dengan banyaknya peminat, maka
pihak perumahan terus melakukan perluasan pembangunan demi menarik hati
konsumen agar semakin banyak lagi yang membeli rumah diperumahan tersebut.
Dalam
pembangunan ini, pihak perumahan kurang memperhatikan pembangunan perumahan
tersebut. Perumahan tersebut memiliki dataran yang cukup tinggi, sehingga
banyak rumah dan sawah warga disekitar perumahan tersebut yang terendam banjir
jika musim hujan datang. Selain karena musim hujan, pembuangan air dari
perumahan tersebut juga mengarah pada rumah warga, sehingga membuat keadaan
semakin parah ketika hujan datang.
SOLUSI
Seharusnya, pihak perumahan menggunakan sistem AMDAL (
Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ) sebelum membangun perumahan tersebut,
agar tidak ada yang merasa dirugikan dalam pembangunan perumahan tersebut. Jika
sudah seperti ini, maka para warga yang ada disekitar perumahan tersebut merasa
sangat dirugikan jika musim hujan datang. Mereka kesulitan beraktivitas karena
rumah mereka terendam banjir.
KASUS II
KASUS II
Semakin berkembangnya
zaman, banyak masyarakat yang sudah banyak menggunakan telefon genggam terutama
android. Bukan hanya orang dewasa, tetapi anak SD pun sudah menggunakan. Dengan
adanya ponsel sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas, misalnya
berbelanja secara online. Dalam berbelanja online, barang selalu dikirim
melalui jasa pengiriman oleh seorang kurir.
Toko R yaitu suatu toko yang berjualan ponsel murah yang
langsung dikirim dari luar negri. Tidak heran jika toko ini selalu ramai
pengunjung, baik yang berbelanja secara langsung ataupun berbelanja secara
online. Dalam mengirim barang, toko R menggunakan jasa pengiriman X. Jasa pengiriman
ini sudah cukup terkenal sehingga banyak para penjual yang mempercayai
pengiriman barang mereka melalui jasa pengiriman tersebut.
Barang yang dikirimkan toko R untuk konsumen
ternyata diambil ponselnya serta aksesorisnya dan hanya disisakan box saja. Pada
saat sampai ditangan konsumen, konsumenpun terkejut saat membuka box dan boxnya
kosong. Konsumenpun segera melapor kepada toko R untuk meminta bantuan atas
barang yang diterima. Lalu toko R melapor kepada pihak jasa pengiriman dan
pihak jasa pengiriman akan bertanggung jawab dalam masalah ini.
SOLUSI
Seharusnya jasa pengiriman X meningkatkan lagi kualitas
bisnisnya tersebut. Seperti lebih teliti lagi dalam memilih karyawan. Baik dari
karyawan yang bertugas packing ataupun kurir, agar tidak terjadi lagi hal
serupa yang merugikan para konsumen. Jika sudah terbukti bahwa pelakunya adalah
karyawan dari jasa pengiriman tersebut, sebaiknya pihak jasa pengiriman mengambil
tindakan tegas yaitu memberhentian karyawan tersebut, agar pihak jasa pengiriman
tidak dirugikan lagi oleh karyawan yang mencoreng nama baik bisnis tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar