Sabtu, 17 Maret 2018

ETIKA BISNIS



Pengertian Etika Bisnis


Etika bisnis yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan cara melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh aspek yang masih berkaitan dengan personal, perusahaan ataupun masyarakat. atau bisa juga diartikan pengetahuan tentang tata cara ideal dalam pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal, ekonomi maupun sosial.


Dalam menerapkan etika dalam berbisnis sebaiknya memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku di dalam masyarakat. Disamping itu etika bisnis juga bisa diterapakan dan dimunculkan dalam perusahaan sendiri karena memiliki keterkaitan dengan profesional bisnis. Perusahaan menyakini prinsip bisnis yang baik yaitu memperhatikan etika-etika yang berlaku, seperti mentaati hukum dan peraturan yang berlaku.



Tujuan Etika Bisnis


Tujuan dari etika bisnis bagi pengusaha adalah untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha atau pelaku bisnis untuk menjalankan good
business
dan tidak melakukan monkey business atau dirty business. Sehingga tidak berperilaku yang dapat merugikan
banyak pihak yang berkaitan dengan bisnis tersebut.




Manfaat Dari Etika Bisnis


  1. Dapat Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan
    Etika bisnis ini sangat penting bagi perusahaan, terutama perusahaan besar yang memiliki banyak sekali karyawan yang tidak saling mengenal. Setiap karyawan perusahaan akan terikat dengan peraturan standar etis yang sama, maka apabila ada kasus yang timbul maka akan mengambil keputusan yang sama.
  2. Dapat Menjelaskan Bagaimana Menilai Tanggung Jawab Sosialnya
    Dengan biasa menjelaskan tanggung jawab sosial atau dengan mengunakan pendekatan sosial perusahaan tidak hanya memperoleh keuntungan dari segi ekonomi namun juga dari segi sosial. Apabila perusahaan telah bertanggung jawab dari segi sosial maka usaha akan berjalan dengan baik, sehingga secara tidak langsung perusahaan akan terhindar dari konflik sosial yang merugikan.
  3. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Investor Pada Perusahaan
    Bagi perusahaan yang sudah go publik maka akan memperoleh manfaat berupa meningkatnya kepercayaan investor untuk berinvestasi. Apabila terjadi kenaikan harga saham maka biasanya akan menarik minat investor untuk berinvestasi atau membeli saham perusahaan.
  4. Dapat Membangun Citra Positif Perusahaan
    Etika bisnis juga bisa membangun citra yang baik tentang perusahaan di mata mitra bisnis maupun konsumen. Dengan citra yang baik akan menjaga kelangsungan hidup perusahaan tersebut.

Prinsip-prinsip Etika Bisnis


  1. Prinsip Otonomi
    Yaitu kemampuan mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan kesadaran tentang apa yang baik untuk dilakukan dan bertanggung jawab secara moral atas keputusan yang diambil.
  2. Prinsip Kejujuran
    Bisnis tidak akan bertahan lama apabila tidak berlandaskan kejujuran karena kejujuran merupakan kunci keberhasilan suatu bisnis (misal, kejujuran dalam pelaksanaan kontrak, kejujuran terhadap konsumen, kejujuran dalam hubungan kerja dan lain-lain).
  3. Prinsip Keadilan
    Dalam berbisnis atau menjalankan usaha dibutuhkan konsistensi pada pemikiran, ucapan maupun perbuatan.
    Setiap orang dalam berbisnis harus mendapatkan perlakuan yang sesuai dengan haknya masing-masing. Jadi,  tidak ada yang boleh dirugikan haknya.
  4. Prinsip Saling Menguntungkan
    Dimana semua pihak berusaha untuk saling menguntungkan, dan tidak boleh ada yang merasa dirugikan. Demikian pula untuk berbisnis yang kompetitif.
  5. Prinsip Integritas Moral
    Prinsip ini merupakan dasar dalam berbisnis dimana para pelaku bisnis dalam menjalankan usaha bisnis mereka harus menjaga nama baik perusahaan agar tetap dipercaya dan merupakan perusahaan terbaik.

Contoh Kasus Etika Bisnis dan Solusinya


KASUS I


Perumahan X adalah perumahan elit yang berada didaerah Bekasi Utara. Perumahan ini memiliki dataran yang sangat tinggi. Terdapat berbagai fasilitas didalam perumahan ini, mulai dari pasar, supermarket, bus transjakarta, rumah sakit, dan lain sebagainya. Karena memiliki fasilitas yang sangat lengkap, maka tidak heran jika perumahan ini banyak yang ingin memiliki. Dengan banyaknya peminat, maka pihak perumahan terus melakukan perluasan pembangunan demi menarik hati konsumen agar semakin banyak lagi yang membeli rumah diperumahan tersebut.  


Dalam pembangunan ini, pihak perumahan kurang memperhatikan pembangunan perumahan tersebut. Perumahan tersebut memiliki dataran yang cukup tinggi, sehingga banyak rumah dan sawah warga disekitar perumahan tersebut yang terendam banjir jika musim hujan datang. Selain karena musim hujan, pembuangan air dari perumahan tersebut juga mengarah pada rumah warga, sehingga membuat keadaan semakin parah ketika hujan datang. 


SOLUSI


            Seharusnya, pihak perumahan menggunakan sistem AMDAL ( Analisis Mengenai Dampak Lingkungan ) sebelum membangun perumahan tersebut, agar tidak ada yang merasa dirugikan dalam pembangunan perumahan tersebut. Jika sudah seperti ini, maka para warga yang ada disekitar perumahan tersebut merasa sangat dirugikan jika musim hujan datang. Mereka kesulitan beraktivitas karena rumah mereka terendam banjir.


KASUS II


            Semakin berkembangnya zaman, banyak masyarakat yang sudah banyak menggunakan telefon genggam terutama android. Bukan hanya orang dewasa, tetapi anak SD pun sudah menggunakan. Dengan adanya ponsel sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas, misalnya berbelanja secara online. Dalam berbelanja online, barang selalu dikirim melalui jasa pengiriman oleh seorang kurir.


            Toko R yaitu suatu toko yang berjualan ponsel murah yang langsung dikirim dari luar negri. Tidak heran jika toko ini selalu ramai pengunjung, baik yang berbelanja secara langsung ataupun berbelanja secara online. Dalam mengirim barang, toko R menggunakan jasa pengiriman X. Jasa pengiriman ini sudah cukup terkenal sehingga banyak para penjual yang mempercayai pengiriman barang mereka melalui jasa pengiriman tersebut.


 Barang yang dikirimkan toko R untuk konsumen ternyata diambil ponselnya serta aksesorisnya dan hanya disisakan box saja. Pada saat sampai ditangan konsumen, konsumenpun terkejut saat membuka box dan boxnya kosong. Konsumenpun segera melapor kepada toko R untuk meminta bantuan atas barang yang diterima. Lalu toko R melapor kepada pihak jasa pengiriman dan pihak jasa pengiriman akan bertanggung jawab dalam masalah ini.


 SOLUSI


            Seharusnya jasa pengiriman X meningkatkan lagi kualitas bisnisnya tersebut. Seperti lebih teliti lagi dalam memilih karyawan. Baik dari karyawan yang bertugas packing ataupun kurir, agar tidak terjadi lagi hal serupa yang merugikan para konsumen. Jika sudah terbukti bahwa pelakunya adalah karyawan dari jasa pengiriman tersebut, sebaiknya pihak jasa pengiriman mengambil tindakan tegas yaitu memberhentian karyawan tersebut, agar pihak jasa pengiriman tidak dirugikan lagi oleh karyawan yang mencoreng nama baik bisnis tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar